Posted by : Rasel blog's Kamis, 11 Juli 2013

Cara Membuat Kentang Goreng Renyah

kentang goreng renyah

  Kentang goreng memang cemilan yang pas dech buat teman nonton tv atau berkumpul bersama keluarga, kentang goreng juga cocok untuk menu bekal makanan anak, piknik, dan pendamping ayam goreng tentunya. Tetapi terkadang kita sebal karena kentang yang baru saja kita goreng sudah lepek atau lemes setelah di goreng, gak renyah lagi. Nah, ini saya kasih tau cara menggoreng kentang agar tetap renyah dalam waktu lama tanpa pengawet tambahan looh. Ini cara membuat kentang goreng renyah dari kentang yang kita beli kiloan yach, bukan beli kentang goreng beku di supermarket, bikin sendiri jauh lebih murah!

Bahan-bahan:
-Kentang mentega (sebenarnya kentang apa saja jg bisa tapi kentang mentega mempunyai rasa yang lebih enak dan berukuran besar, cocok untuk jadi kentang goreng)
-Air untuk merebus
-Tepung Terigu serbaguna
-Penyedap rasa atau Garam halus, secukupnya

-Minyak goreng, secukupnya

Cara Membuat:
1. Kupas kentang lalu potong berbentuk persegi panjang, kemudian dicuci dalam air bersih yang mengalir (air keran) sampai air cucian kentang terlihat cukup bening. Ini dilakukan untuk menghilangkan getah kentang. Karena getah kentang inilah yang membuat kentang goreng akan cepat menjadi lembek.
2. Rebus air dalam panci yang telah diberi sedikit garam, ketika airnya mendidih masukkan kentang yang sudah dicuci, lalu rebus selama 5 menit, angkat, tiriskan.
3. Selagi masih panas taburi kentang dengan tepung terigu dan tambahkan penyedap rasa atau garam sesuai dengan selera.
4. Pastikan tepung menyelimuti seluruh kentang, bila perlu beri tepung lebih banyak.
5. Simpan kentang yang telah di baluri tepung dalam wadah tertutup lalu simpan didalam freezer kulkas selama 1 jam atau lebih sebelum digoreng.
6. Panaskan minyak goreng, gunakan api sedang. Goreng kentang hingga seluruh bagian kentang terendam minyak. Bolak-balik kentang sampai matang dan berwarna kuning keemasan. Angkat, tiriskan.
7. Kentang goreng siap disajikan dengan tambahan saus sambal atau mayonnaise.


# CATATAN #

1. Jangan menambahkan tepung beras atau aci walaupun dapat membuat gorengan semakin renyah tapi cenderung akan membuat kentang saling melengket.
2. Kentang dalam disimpan di freezer hingga 2 minggu. Kentang yang beku akan semakin membuat kentang renyah setelah di goreng.
3. Pastikan selalu menggoreng dengan menggunakan minyak yang masih baru agar hasil kentang goreng lebih renyah dan bersih.
4. Masukkan kentang dalam minyak yang panas, dan selalu gunakan api sedang agar kentang tidak cepat gosong.
5. Agar tidak berminyak, sebelum disajikan kentang yang sudah digorang ditiriskan dahulu, alasi dengan kertas tisu agar minyak menyerap ke kertas tisu, baru sajikan.
6. Bila suka setelah digoreng kentang bisa diberi tambahan bubuk cabe untuk rasa yang lebih pedas atau bumbu bubuk kentang goreng lainnya sesuai selera anda.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Translate

Join Now

Sagala Asup Chat

Panduan Chatango | Full Size | PM Admin ]

My Visitors

Labels

Recent posts

Supported by Seowaps

- Copyright © 2013 Sagala asup -rasel 2nd Template- Powered by Blogger - Original by Rahmat saleh - Design by Rahmat saleh -